Qk6tZv5oorYOvbzoT8fSpmGbsikUNLG55TOQFNMJ

Keutamaan Surat Al Mulk

Tanpa bermaksud membeda-bedakan di antara isinya, surat-surat dalam Al Quran memiliki keistimewaan masing-masing. Masyarakat muslim biasa membaca surat-surat dalam Al Quran dengan berbagai harapan yang baik kepada Allah yang menurunkan Al Quran itu. Di antaranya adalah surat Al Mulk. Tulisan sederhana ini akan coba mengungkapkan keutamaan surat Al Mulk ini dalam teks-teks hadits dan riwayat-riwayat para ulama.

Sebelum itu, nampaknya perlu juga kita berkenalan dengan surat Al Mulk. Surat ini terdiri dari 30 ayat. Imam Ibnu Abbas ra, menyebut surat ini, Surat Tabaraka al Mulk dan beliau mengatakan juga surat ini diturunkan di Mekkah.(1)  Yaitu setelah surat Ath Thuur.(2)  


Pencegah Dari Siksa Kubur

Siksa kubur adalah hal yang sangat menakutkan, terutama bagi seseorang yang belum atau tidak mempersiapkan diri dengan amal shaleh. Agar terhindar dari siksa kubur yang pedih, maka seorang muslim dapat berusaha dengan memperbanyak amalan sunnah. Salah satunya adalah dengan membaca serta mengamalkan surat Al Mulk secara rutin.

Imam Al Qurthuby dalam pendahuluan tafsirnya tentang surat ini menyebut surat Al Mulk sebagai pelindung dan penyelamat.(3)  Beliau mengutip Imam Ibnu Mas’ud yang menjelaskan, ketika orang yang mati ditempatkan di kuburnya, kemudian ia akan didatangi (siksa) dari arah kakinya, dikatakan padanya; Kamu tidak memiliki jalan padanya dari arah itu. Dia biasa membaca Surat Al-Mulk di kakinya. Kemudian ketika ia akan didatangi dari arah kepalanya,  lidahnya akan mengatakan: Anda tidak memiliki cara melawan dia, karena dia biasa membaca Surah Al-Mulk dengan saya.” Kemudian Imam Ibnu Mas’ud melanjutkan: 

هِيَ الْمَانِعَةُ مِنْ عَذَابِ اللَّهِ، وَهِيَ فِي التَّوْرَاةِ سُورَةُ" الْمُلْكِ" مَنْ قَرَأَهَا فِي لَيْلَةٍ فَقَدْ أَكْثَرَ وَأَطْيَبَ. وَرُوِيَ أَنَّ مَنْ قَرَأَهَا كُلَّ لَيْلَةٍ لَمْ يَضُرَّهُ الْفَتَّانُ.(4)  

Itu adalah penjaga dari azab Allah, dan itu ada dalam dalam Kitab Taurat dengan nama Surat Al-Mulk. Siapa yang membacanya di malam hari memiliki lebih banyak kebaikan. Dan diriwayatkan bahwa siapa pun yang membacanya setiap malam tidak akan tertimpa fitnah kesulitan.

Dikisahkan pada suatu hari di zaman Rasulullah saw, ada seorang lelaki dari kalangan sahabat Rasulullah saw, tanpa sengaja mendirikan tendanya di atas kuburan, karena ia tidak tahu bahwa itu adalah kuburan. Sementara itu, di situ ada orang-orang membacakan surat al Mulk pada pemakaman seseorang hingga makamnya tertutup. Ia lalu mendatangi Nabi saw, dan bertanya, Wahai Rasulullah, aku tak sengaja mendirikan tenda di atas kuburan, sementara orang-orang membacakan surat Al Mulk pada pemakaman seseorang hingga tertutup makam itu? Rasulullah saw bersabda: (Karena) Dialah (surat al Mulk) yang mencegah, dialah yang menyelamatkannya dari siksa kubur.(5)  


Mendapatkan Syafa’at dan Ampunan

Keutamaan lainnya dari surat Al Mulk adalah, ia akan memberikan syafa’at kepada para pembacanya. Nabi shalallahu ‘alayhi wasallam bersabda yang diriwayatkan dari Abu Hurayrah, sebagai berikut:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْه وَسَلَّمَ قَالَ: «إِنَّ سُورَةً مِنَ القُرْآنِ ثَلَاثُونَ آيَةً شَفَعَتْ لِرَجُلٍ حَتَّى غُفِرَ لَهُ، وَهِيَ سُورَةُ تَبَارَكَ الَّذِي بِيَدِهِ المُلْكُ»(6)  

Dari Abi Hurayrah pula dari Nabi saw beliau bersabda; Sesungguhnya sebuah surat di dalam Al Quran yaitu 30 ayat yang memberi syafaat kepada seorang lelaki hingga ia diampuni yaitu surat tabarkalladzi bi yadihil mulku.

Pada hari orang-orang berkumpul di padang mahsyar nanti, Allah memberi hak kepada Nabi Muhammad untuk memberi syafa’at. di samping itu syafa’at lainnya akan di dapat dari surat Al Mulk bagi yang rutin membacanya, sehingga dosa-dosanya diampuni oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Ini sesuai dengan sabda Nabi saw yang diriwayatkan Imam Muslim dari Abu Umamah:

اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لِأَصْحَابِهِ(7) 

Bacalah Al Quran karena sesungguhnya ia akan datang pada hari kiamat sebagai syafa’at bagi sahabat-sahabatnya (pembacanya).


Penyebab dikeluarkan dari Neraka dan dimasukkan ke dalam Surga

Masuk surga dan terhindar dari api neraka adalah cita-cita utama setiap muslim. Allah Subhanahu wata’ala yang Mahapenyayang memberikan banyak jalan supaya hamba-hambaNya dapat mencapai surga. Salah satunya dengan cara merutinkan bacaan surat Al Mulk. Sebagaimana sabda Nabi saw:

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: (إِنَّ سُورَةً مِنْ كِتَابِ اللَّهِ مَا هِيَ إِلَّا ثَلَاثُونَ آيَةً شَفَعَتْ لِرَجُلٍ حَتَّى أَخْرَجَتْهُ مِنَ النَّارِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَأَدْخَلَتْهُ الْجَنَّةَ وَهِيَ سُورَةُ "تَبَارَكَ")(8) 

Dari Abi Hurayrah beliau berkata; Bersabda Nabi saw: Sesungguhnya ada sebuah surat dalam kitab Allah, yang terdiri dari 30 ayat yang memberi syaf’at bagi seorang lelaki sehingga mengeluarkannya dari neraka pada hari kiamat dan memasukkannya ke dalam surga, yaitu surat  Tabarak.

Itulah tiga keutamaan surat Al Mulk. Masih banyak lagi keutamaan Surat ini yang dijelaskan para ulama. Jika kita dapat istiqomah mengamalkannya tentu menjadi sesuatu yang sangat berharga bagi kehidupan kita di dunia juga di akhirat. Wallahu’alam bishshawwab.

Wahyu B. Prasojo


Catatan Kaki

  1. Fath al Qadir, Juz V hlm.307.
  2. Al Maraghy, Juz XXIX, hlm.3.
  3. Al Qurthuby, Juz XVIII, hlm.205.
  4. ibid, Juz XVIII, hlm. 205.
  5. Sunan At Tirmidzy Juz V hlm.164. Dia berkata: Hadits ini Hasan Gharib.
  6. ibid, Juz V, hlm.164. Dia berkata: Hadits ini Hasan.
  7. Shahih Muslim, Juz I, hlm.553.
  8. Al Qurthuby, loc.cit,  Juz XVIII, hlm.205.


Related Posts

Related Posts

Posting Komentar