Qk6tZv5oorYOvbzoT8fSpmGbsikUNLG55TOQFNMJ

Latihan Dasar Evakuasi Air Gelombang Kedua.

latihan teknik evakuasi dengan perahu karet dok. Sahabat Madani

Sahabat Madani. Sesuai jadwal rangkaian kegiatan TOT Duta Remaja Sehat YBM PLN. Hari Sabtu 30 Januari 2021, YSIM kembali menggelar acara Latihan Dasar Evakuasi Air gelombang kedua. Pada gelombang kedua ini seluruh peserta adalah remaja putri, yang berasal dari berbagai sekolah menengah atas di Jakarta dan sekitarnya.

Menurut asisten instruktur pada pelatihan hari ini, Bapak Asep Gunawan, Kegiatan ini memberi manfaat yang besar bagi para peserta, terutama sekali menambah pengetahuan dan keterampilan dasar tentang pertolongan pertama jika sewaktu-waktu terjadi banjir, ataupun menjumpai orang yang tenggelam karena berbagai sebab.

sessi ceramah kelas oleh Bapak Rifki dok.Sahabat Madani

Adapun kejadian tenggelam dapat terjadi karena beberapa hal, yaitu karena tidak bisa berenang, kram atau kejang otot, panik, faktor kesehatan, air yang dalam dan bunuh diri.

Jika kita mendapati orang yang tenggelam, maka perlu diketahui ada beberapa teknik penyelamatan yang dapat dilakukan. Pertama, raih korban dengan tangan atau alat bantu apapun yang terdapat di sekitar lokasi,  hal ini jika kondisi korban berada dalam jangkauan. Kedua, melempar korban dengan benda apapun yang bisa mengapung dan menarik korban secara perlahan. Ketiga dayung, dekati korban dengan menggunakan perahu. dan terakhir Renang, dekati korban dengan berenang, tenangkan dahulu kemudian bawa korban ke tepi. Demikian disampaikan oleh Bapak Rifki, Instruktur pelatihan pada hari ini.

Sessi pelatihan hari ini dimulai dengan acara ceramah kelas, simulasi dan pelatihan di kolam renang Pagelarang Nurceri yang terletak hanya beberapa puluh meter saja dari sekretariat YSIM di Villa Qur'an Lubang Buaya, Jakarta Timur. Setelah kegiatan yang seru dan melelahkan, acara diakhiri dengan makan siang, usai para peserta berganti pakaian dan sejenak beristirahat. (ss)

pelengkapan pengamanan & peralatan pelatihan dok. Sahabat Madani


peserta bergantian memompa perahu karet secara manual dok.Sahabat Madani


Related Posts

Related Posts

Posting Komentar