Qk6tZv5oorYOvbzoT8fSpmGbsikUNLG55TOQFNMJ

Hadits tentang Peran Orangtua dalam Penjagaan Keluarga

 

Pentingnya melakukan upaya pembinaan dan pendidikan kepada anak sehingga bisa menjadi anak yang shalih, dan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengingatkan dan memikulkan tanggung jawab pendidikan anak ini secara utuh kepada kedua orang tua.

Anak sebagai titipan Allah SWT, tentunya kelak akan hidup mandiri lepas dari orangtuanya. Sehingga mempersiapkan dirinya dengan mendidik dan memberikannya nafkah yang halal melalui pengasuhan yang baik akan menjadi modalnya untuk hidup baik di dunia dan akhirat. Tentunya Allah SWT akan meminta pertanggungjawaban orangtua.

Berikut Hadits tentang Peran Orangtua dalam Penjagaan Keluarga:
Teks Hadits, dari Adullah bin Umar ra, bahwasanya Nabi saw bersabda: Dari Adullah bin Umar ra, bahwasanya Nabi saw bersabda:


كُلُّكُمْ رَاعٍ، وَكُلُّكُمْ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ، الإِمَامُ رَاعٍ وَمَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ، وَالرَّجُلُ رَاعٍ فِي أَهْلِهِ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ، وَالمَرْأَةُ رَاعِيَةٌ فِي بَيْتِ زَوْجِهَا وَمَسْئُولَةٌ عَنْ رَعِيَّتِهَا، وَالخَادِمُ رَاعٍ فِي مَالِ سَيِّدِهِ وَمَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ، وَكُلُّكُمْ رَاعٍ وَمَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ.
Ketahuilah, sesungguhnya setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan dimintai pertanggungjawaban atas yang dipimpinnya. Setiap penguasa adalah pemimpin bagi rakyatnya dan akan dimintai pertanggung-jawabannya atas yang dipimpinnya. Seorang laki-laki adalah pemimpin bagi keluarganya dan dimintai pertanggungjawabannya atas mereka. Seorang wanita juga pemimpin atas rumah dan anak suaminya dan dia dimintai pertanggungjawaban atasnya. Seorang hamba sahaya juga pemimpin atas harta majikannya dan dia dimintai pertanggungjawabannya atasnya. Ketahuilah setiap kalian adalah pemimpin dan setiap kalian akan dimintai pertanggungjawaban atas yang dipimpinnya. (Hadits Riwayat Imam al-Bukhari no 893)

Pelajaran Dari Hadits

  • Anak adalah amanah dari Allah ta’ala bagi kedua orang tua yang akan dimintai pertanggung-jawaban.

  • Kedua orang tua berkewajiban mendidik, mengawasi dan menjaga kemaslahatan anak baik dalam perkara akhirat dan dunianya.

  • Sebagai pemimpin kedua orang tua harus berlaku adil kepada semua anak. (ss)


Bagi Orangtua, manfaat dalam mendidik anak menjadi menjadi investasi yang tidak ternilai. Berikut hadits tentang Manfaat Mendidik Anak:

Teks Hadits, dari Abu Hurairah ra, bahwasanya Rasulullah saw bersabda,


إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَنْهُ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ: إِلَّا مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ، أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ، أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ
Apabila seorang manusia meninggal dunia, maka terputus amalnya darinya kecuali tiga hal : (1) sedekah jariyah (2) ilmu yang dapat diambil manfaatnya dan (3) anak shalih yang mendoakan orang tuanya. (Hadits Riwayat Imam Muslim no 1631)

Pelajaran Dari Hadits

  • Pentingnya mempersiapkan amaliah yang terus menerus mengalir pahalanya, meski sudah meninggal dunia.

  • Mendidik anak dengan baik adalah investasi yang memberi kemanfaatan bagi masa depan orang tuanya di dunia dan akhirat.

  • Do’a anak yang shalih bagi kedua orang tuanya memiliki keutamaan yang besar disisi Allah ta’ala. (ss)


Related Posts

Related Posts

Posting Komentar