Qk6tZv5oorYOvbzoT8fSpmGbsikUNLG55TOQFNMJ

Hadits Tentang Mengucapkan Salam Kepada Anak-Anak


Memulai mengucapkan salam merupakan ibadah yang disunnahkan. Salam merupakan ucapan yang mengandung do’a permohonan kepada Allah ta’ala bagi kebaikan orang yang menerima salam. 

Adalah Rasulullah saw, sosok yang sangat menyayangi ummatnya, terlebih lagi anak-anak, biasa mengucapkan salam kepada mereka. Hal ini merupakan salah satu keteladanan beliau yang harus kita tiru. Dari Anas bin Malik ra menceritakan

أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَرَّ عَلَى غِلْمَانٍ فَسَلَّمَ عَلَيْهِمْ

Bawasanya Rasulullah saw, berjalan melewati anak-anak kecil kemudian mengucapkan salam kepada mereka. (Hadits riwayat Muslim no 2168)

Pelajaran Dari Hadits

  1. Menyebarkan salam mengandung sikap saling menyayangi diantara individu masyarakat, dan wujud perhatian kepada sesama Muslim.
  2. Mengucapkan salam kepada anak-anak adalah tanda kerendah-hatian (tawadhu) seorang pendidik. Hal ini mengandung pemuliaan dan penghargaan kepada anak-anak yang dapat membangkitkan rasa percaya diri mereka. 
  3. Diantara metode mendidik anak-anak kecil adalah dengan teladan yang baik, hal ini dimulai dengan membiasakan anak-anak kecil berinteraksi dengan syariat Islam semenjak awal. (ss)


Related Posts

Related Posts

Posting Komentar