Qk6tZv5oorYOvbzoT8fSpmGbsikUNLG55TOQFNMJ

Hadits Tentang Mengajarkan Anak Keimanan Kepada Allah


Islam menyerukan kepada orang-tua agar dapat mengajarkan ilmu kepada anak. Ilmu yang utama diajarkan kepada anak ilmu tentang Allah ta’ala, sehingga dapat menumbuhkan dan menguatkan keimanan anak kepada Allah. 

Menumbuhkan kedekatan anak kepada Allah ta’ala akan menguatkan mental, meningkatkan kemandirian serta menumbuhkan rasa percaya diri anak.

Dari Ibnu Abbas Radhiyallâhu ‘anhumâ berkata: Aku pernah dibonceng di belakang Rasulullah saw pada suatu hari, lalu beliau bersabda:

يَا غُلَامُ إِنِّي أُعَلِّمُكَ كَلِمَاتٍ، احْفَظِ اللَّهَ يَحْفَظْكَ، احْفَظِ اللَّهَ تَجِدْهُ تُجَاهَكَ، إِذَا سَأَلْتَ فَاسْأَلِ اللَّهَ، وَإِذَا اسْتَعَنْتَ فَاسْتَعِنْ بِاللَّهِ، وَاعْلَمْ أَنَّ الأُمَّةَ لَوْ اجْتَمَعَتْ عَلَى أَنْ يَنْفَعُوكَ بِشَيْءٍ لَمْ يَنْفَعُوكَ إِلَّا بِشَيْءٍ قَدْ كَتَبَهُ اللَّهُ لَكَ، وَلَوْ اجْتَمَعُوا عَلَى أَنْ يَضُرُّوكَ بِشَيْءٍ لَمْ يَضُرُّوكَ إِلَّا بِشَيْءٍ قَدْ كَتَبَهُ اللَّهُ عَلَيْكَ، رُفِعَتِ الأَقْلَامُ وَجَفَّتْ الصُّحُفُ

Hai anak, sesungguhnya aku akan mengajarimu sejumlah kalimat; Jagalah Allah niscaya Allah menjagamu, jagalah Allah niscaya kau menemui-Nya di hadapanmu. Apabila kau hendak meminta, maka mintalah pada Allah dan apabila kau hendak meminta pertolongan, mintalah tolong kepada Allah. Ketahuilah, sungguh sekiranya ummat ini bersatu untuk memberimu manfaat, mereka tidak akan mampu memberimu manfaat apa pun kecuali yang telah Allah tetapkan untukmu dan sekiranya mereka semua bersatu untuk memberimu bahaya, mereka tidak akan mampu membahayakanmu sama sekali kecuali yang telah Allah tetapkan untukmu. Pena-pena telah diangkat dan lembaran-lembaran telah kering (Hadits Riwayat Tirmidzi no. 2516)


Pelajaran Dari Hadits

  1. Penting bagi orang-tua atau pendidik untuk membangun keakraban  serta menciptakan suasana yang menyenangkan dalam proses belajar-mengajar. Dalam hadits ini proses belajar mengajar terjadi di atas seekor unta dalam hubungan yang akrab.
  2. Didiklah anak untuk menjaga hak-hak Allah, dalam hal ini mengerjakan perintah-perintah Allah serta meninggalkan larangan-larangan Allah.
  3. Didiklah anak untuk memohon dan meminta pertolongan kepada Allah. Tanamkan keyakinan kepada anak bahwa segala hal yang terjadi di muka bumi adalah ketentuan Allah ta’ala. (ss)


Related Posts

Related Posts

Posting Komentar